GKIN KAWANAN DOMBA

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF

     Nama Gereja ini adalah Gereja Kristen injili Nusantara ( GKIN) di bawah induk organisasi Sinode GKIN yang berpusat di Malang Jatim. Nama GKIN Jemaat “Kawanan Domba” Salatiga, ini dimulai sejak tanggal 11 Januari 1998; yang dirintis oleh Bapak Pdt. Jack Lee, M Div. dengan   pola   perintisan   secara   independent. 

     Oleh karena ada tugas pelayanan yang baru untuk menggembalakan jemaat Gereja Korea di Jakarta, maka Bapak Pdt. Jack Lee, MDiv harus meninggalkan jemaat Kawanan Domba Salatiga. Selanjutnya sejak tanggal 5 Maret 2000, Gereja GKIN Kawanan Domba Salatiga digembalakan oleh Ev. Yosef Suwarno,STh.. sampai tahun. 2004. Pdt. Yosef Suwarno,ada tugas baru, pindah ke Sidoarjo Jatim. Untuk sementara waktu pelayanan di GKIN Kawanan Domba Salatiga kosong tidak ada gembala sidang, dan pelayanan diampu oleh Majelis Daerah Jateng Sinode GKIN dan oleh Gembala Konsulen. Yang secara teknis, Majelis Jemaat dan Mahasiswa STTN yang melayani di GKIN Kawanan Domba Salatiga, sampai secara definitive ditetapkan dan dikirim seorang Gembala Sidang oleh Majelis Pusat Sinode GKIN. Tanggal 01 Maret 2008, secara definitive telah memiliki seorang gembala sidang yang baru yaitu Pdt. M. Karyo Utomo, STh. yang ditugaskan oleh Majelis Pusat Sinode GKIN untuk mengembalakan GKIN “Kawanan Domba” Salatiga sampai sekarang.

     Sejak perintisan hingga saat ini telah banyak kali mengalami pindah tempat ibadah, karena belum memiliki tempat yang permanent. Awal perintisan meminjam tempat di STT Nusantara (th. 1998-2001); tahun 2001 meminjam aula SMP Kristen 4 Salatiga; tahun yang sama, th 2001 Kontrak Rumah di Jln. Hasanudin no.116 sampai tahun 2004. Oleh kemurahan Tuhan pada tahun 2004, ada berkat sehingga kami dapat membeli sebidang tanah di Jln. Randusari, Ngawen RT 04 RW VI, Kelurahan Mangusari Salatiga, dan membangun bangunan sederhana yang kami pakai untuk ibadah dan tempat tinggal gembala / pastori. Puji Tuhan . Namun di tengah perjalanan waktu , pada akhir tahun 2007 ketika kami mau mengadakan perayaan Natal, ada sejumlah warga yang “mendemo” tempat kami tersebut dan menyatakan keberatan bila tempat tersebut dipakai untuk gereja; sehingga perayaan natal batal dan dipindahkan ke kampus STT Nusantara. 

     Kami mengadakan negosiasi dengan pihak pemerintah setempat; dan oleh kemurahan Tuhan melalui Kepala Kelurahan Mangunsari, kami dipinjami aula di kantor kelurahan Mangunsari. Kami menggunakan sarana tersebut sebagai tempat kami berbakti untuk sementara waktu ; sambil kami terus berjuang dan berdoa agar tempat yang kami miliki dapat difungsikan kembali sebagi pusat kegiatan dan Ibadah GKIN Kawanan Domba Salatiga. Dengan peristiwa tersebut jemaat banyak yang goyah imannya dan undur dari GKIN ‘Kawanan Domba’ Salatiga . Namun seberapa mereka yang setia itu kami bersama-sama dengan majelis Gereja untuk melayani mereja dan mengembangkan GKIN ‘Kawanan Domba’ Salatiga.   Dalam Tugas yang berat,   kami di tempatkan Di GKIN “Kawanan Domba” Salatiga untuk menggembalakan Jemaat Tuhan yang ada.

    Demikianlah secara singkat mengenai GKIN Kawanan Domba Salatiga. Kiranya Tuhan Yesus Dimuliakan. Amin.